ULASAN BUKU – Dahsyatnya Brain Smart Teaching: Mengajar Dengan Cerdas

Posted: January 2, 2017 in Book Review
Tags: , , , ,

dahsyatnya-brain-smart-teaching

Satu lagi buku yang mengusung gagasan penerapan Neuro Linguistik Program di dalam ruang kelas hadir di tahun 2012. Adalah Lucy Lidiawati dan Ade Julius Rizky penulis yang telah melahirkan buku berjudul Brain Smart Teaching dan dibidani oleh Penebar Plus. Sepasang penulis ini tentu saja sangat berkompeten di bidang NLP dan bahkan berlisensi internasional. Nampaknya, keprihatinan dan kepedulian mereka pada praktik pengajaran di sekolah yang mendorong kemunculan buku ini.

Istilah Brain Smart Teaching, yang digunakan sebagai judul buku ini, mungkin masih kurang populer di telinga para guru. Bahkan tak ada penjelasan khusus tentang pemilihan istilah ini di dalam buku yang memuat tips-tips pengajaran ini. Namun, penulis berpendapat bahwa ini adalah sebuah metode pengajaran yang digunakan untuk mengoptimalkan potensi dan prestasi belajar siswa. Metode ini tentunya merupakan hasil perkawinan gagasan dan pengalaman penulisnya selama berpraktik menjadi pengajar, konsultan dan trainer.

Secara keseluruhan ke sembilan bab buku ini menawarkan cara-cara praktis untuk membantu siswa/ anak belajar. Buku ini dibuka dengan pembahasan tentang meruntuhkan mental block guru/ orangtua sebelum mengajar.  Setelah itu,  buku ini menjelaskan tentang bagaimana membangun hubungan positif dengan siswa. Penulis kemudian menjelaskan pula tentang cara-cara mencapai resourceful state – kondisi dimana siswa siap menerima, dan mengolah informasi baru. Penjelasan tentang bagaimana memanfaatkan pikiran bawah sadar siswa untuk memandunya dalam proses pembelajaran dipaparkan pada bab keempat. Di bab berikutnya dikemukakan tentang perlunya perubahan paradigma dalam pengajaran. Di keempat bab berikutnya, membahas tentang pemanfaatan modalitas, kecerdasan jamak, dualisme otak, dan strategi mengingat dalam praktik pengajaran.  Dipandang dari segi isi, strategi yang ditawarkan oleh buku ini mirip dengan konsep yang dikemukakan dalam buku Quantum Teaching.

Selain itu, serupa dengan buku pengajaran yang memanfaatkan pendekatan NLP lainnya (misal Hypnosis in Teaching, Hypnoteaching), buku ini juga kental dengan istilah yang berkaitan dengan: unsconscious mind, modalitas, komunikasi efektif, rapport, anchor, brain wave,  left-right brain, juga kecerdasan jamak. Yang menjadikan buku ini menarik, buku ini kaya dengan konsep NLP dan setiap konsep dijelaskan melalui contoh penerapannya. Namun sayangnya, pembaca perlu merujuk buku NLP lain untuk memahami konsep tersebut. Memang tak cukup rasanya, menjelaskan aplikasi NLP dalam pengajaran melalui buku yang hanya setebal 198 halaman ini. Maka wajar saja jika penulis cenderung memaparkan gagasannya melalui pemberian contoh dan membiarkan pembaca membangun gambaran detail tentang konsepnya. Keterbatasan halaman ini pula  yang nampaknya menyebabkan penulis abai untuk konsisten dalam penggunaan istilah dan tidak menekankan hubungan antara konsep yang satu dengan yang lainnya. Padahal kedua hal ini penting untuk mengambarkan keseluruhan konsep yang dijabarkan.

Namun, terlepas dari semua kekurangannya, buku ini layak dan perlu untuk dipertimbangkan oleh para guru dan orangtua untuk memperluas cakrawala pengetahuan tentang cara-cara praktis memanfaatkan NLP di dalam pengajaran.

Advertisements
Comments
  1. Wahyu Widayati says:

    Jd penasaran dg isi bukunya kyk gmn. Bisa dibeli dmn dan dg harga brp itu mas?

  2. Erwin Widiyatmoko says:

    Di toko buku di ujung jl affandi mbak wahyu … tp itu buku lama… nggak tahu deh masih ada apa nggak stocknya di sana…

You may leave your comment here:

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s